Sabtu, 29 Juni 2013

Sejarah Singkat berdirinya Indonesia


Indonesia terkenal dengan negara yang indah dan kaya raya. Bagi rakyat yang hidup di pesisir pantai bisa mencari nafkah di laut untuk membiayai kebutuhan hidupnya dan bagi rakyat yang hidup di perbukitan dapat mencari nafkah dengan menanam tanaman-tanaman. dan Indonesia juga terkenal dengan budayanya yang bagus dan diwariskan oleh leluhur kita. dan yang paling kita banggakan dari indonesia adalah Bapak presiden pertama Indonesia yang memerdekakan bangsa Indonesia yaitu Ir. Soekarno beliau juga tidak menyenangkan bangsa Indonesia Sendiri akan tetapi juga negara lain yaitu Arab saudi, Uni sofiet atau sekarang kita sebut sebagai negara Rusia.

Kalian pasti tahu tentang hari merdeka negara Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. pada tanggal tersebut Indonesia telah bebas dari penjajahan diatas dunia dan ada yang belum terselesaikan oleh Indonesia yaitu memberantas para PKI yang ada di Indonesia dan beserta ormas-ormas nya, PKI adalah Singkatan dari Partai Komunis Indonesia yang ingin memerdekakan negara Indonesia sendiri dan mengganti bendera Indonesia.

Sebelum berdirinya Indonesia

Indonesia terletak di 2 Benua yaitu benua Asia dan benua Australia dan terletak di 2 samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pacific, jadi negara Indonesia adalah letak yang strategis bagi penjajah-penjajah Indonesia untuk menjajah Indonesia apalagi di Indonesia banyak rempah-rempah yang di cari oleh para penjajah eropa untuk menjajah. dan rempah-rempah menurut bangsa eropa adalah sebanding dengan emas bagi bangsa eropa zaman dahulu, dan tujuan bangsa eropa adalah menyebarkan agama Katholik atau nasrani.

Negara yang pertama ke Indonesia adalah negara Portugis atau sekarang kita sebut sebagai Portugal yang di pimpin oleh Magellan pada tahun 1522. dan pada tahun tersebut juga bertepatan dengan terselesainya penjajahan oleh Magellan. dan yang kedua adalah negara spanyol yang berhasil menepi di daerah Maluku pada tahun 1521 daerah Maluku terbagi menjadi 2 kerajaan Ternate dan Tidore dua kerajaan tersebut di adu domba oleh Portugis. dan pada saat itu disambut hangat oleh rakyat Tidore dan merencanakan untuk bersekutu melawan rakyat Ternate, dan rakyat Ternate bersekutu dengan bangsa Portugis, dua negara yang berasal dari bangsa eropa ini juga sama tujuannya. akan tetapi mereka ingin menguasai daerah nya untuk diambil sendiri, dan akhirnya di adakan perjanjian Saragosa atau perjanjia Gianti yang berisi bahwa bangsa spanyol memperoleh wilayah yang ada di negara Filipina dan bangsa Portugis akan tetap berada di wilayah Maluku.

Negara yang ke-tiga ke Indonesia adalah negara Belanda. Negara Belanda adalah negara yang paling lama menjajah negara Indonesia yaitu 350 tahun. Setelah negara Belanda sudah tiba ke Indonesia, negara Belanda ingin membuat sebuah perusahaan yang bernama VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie) yang membuat rakyat Indonesia sengsara dan pada saat itu banyak Pemberontakan dari rakyat Indonesia. Pahlawan yang memimpin ketika pemberontakan adalah :

  1. Kapitan Patimura atau Thomas Matulesi pemimpin rakyat Maluku
  2. Tuanku Imam Bonjol
  3. Mahmud Badaruddin II
  4. Sutan Syahrir
  5. Sultan ageng Tirtayasa
  6. Dll.

Bangsa Inggris adalah bangsa yang ke-empat yang ke Indonesia, yang sudah menguasai Indonesia sejak tahun 1811 dan mengangkat Thomas Stamford Raffels sebagai Gubernur Jendral Indonesia. Penyerahan kembali wilayah Indonesia yang dikuasai Inggris akan di kembalika olen Belanda dengan perjanjian. Pemerinth Inggris di wakili oleh John Fendall sedangkan dari pihak Belanda di wakili oleh Van Der Cappelen. pada tahun 1816 berakhirlah kekuasaan Inggris di wilayah Indonesia.

Setelah berakhirnya kekuasaan negara Inggris di wilayah Indonesia, masa Penjajahan Jepang sudah berkuasa  menguasai Indonesia di mulai pada tahun 1942 dan berakhir pada tahun 17 agustus 1945 yang bertepatan dengan hari kebebasan Indonesia atau kemerdekaan Indonesia. setelah kota penting di Jepang di Bom oleh sekutu yaitu Kota Hiroshima pada tanggal 6 agustus 1945 dan kota Nagasaki pada tanggal 9 agustus 1945.

Naskah proklamasi di rancang di rumah laksamana Maeda dari Jepang yang memberi simpati atau dukungan untuk memerdekakan bangsa Indonesia di jalan Imam bonjol no.1 dan para tokoh yang merumuskan adalah : Soekarno, Hatta, dan Mr. Ahmad Subarjo. Perumusan naskah Proklamasi di saksikan oleh : Sukarni, Mbah diro, dan B.M. Diah. Setelah itu naskah proklamasi di tanda tangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. dan kemudian di ketik oleh Sayuti melik. dan ada kata-kata yang dirubah seperti : kata "Tempoh" menjadi "Tempo" ; "Wakil-wakil Bangsa Indonesia" menjadi "atas nama bangsa Indonesia" ; tulisan "Djakarta, 17-08-05" menjadi "Djakarta, Hari 17 Boelan 8 tahun'05".Naskah yang sudah diketik dan sudah di tanda tangani oleh Soekarno dan Hatta di sebut naskah Otentik.

Pada tanggal 17 agustus 1945 pukul 10.00 WIB, Teks Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Moh. Hatta di Jl. Pegangsaan timur. dan sekarang Jl. Proklamasi 56. setelah pembacaan teks proklamasi, adalah upacara yang selanjutnya pengibaran bendera merah putih. yang di kibarkan oleh S. Suhud dan Sudanco Latif, sebelumnya bendera tersebut di jahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno.

Naskah Proklamasi Sebelum diketik

Naskah Proklamasi Setelah diketik


6 komentar:

  1. hamdan : disitu saua kadang merasa bingung

    BalasHapus
  2. makasih udah aku udah share masuk blog ku juga ya linknya
    keekhagaming.blogspot.com

    BalasHapus
  3. thank nice infonya, dan jangan lupa kunjugi website kami http://bit.ly/2oRxd3w

    BalasHapus