Jumat, 05 Juli 2013

Faktor Penyebab Malas Belajar Bagi Pelajar


Belajar adalah kegiatan yang harus dilakukan bagi semua pelajar khususnya bagi para murid-murid. akan tetapi bagi sebagian pelajar kegiatan ini sangatlah membuat bosan bagi pelajar zaman sekarang. Apalagi zaman sekarang ada acara "GALAU". dan hal demikian salah satu membuat malas belajar. Malas pada anak dalam hal Psikologis wujud melemahnya kondisi mental, Intelektual, Fisik, dan Psikis anak. Dan malas belajar ada beberapa faktor yang berhubungan dengan malasnya belajar yaitu :

1. Dari dalam diri sendiri bagi Pelajar (INTRINSIK)
Rasa malas yang menimbulkan diri dalam anak atau pelajar tersebut disebabkan karena kurang atau tidak adanya motivasi diri sendiri yang membuat anak giat belajar. Motivasi ini dikarenakan belum tumbuhnya mengetahui manfaat dari belajar atau belum ada sesuatu yang ingin dicapainya atau keinginannya. Kelelahan beraktifitas dapat mengakibatkan menurunnya semangat belajar bagi pelajar.

2. Faktor yang memengaruhi dari luar (Ekstrinsik)
Faktor yang mempengaruhi dari luar anak sangatlah penting dari pelajar.
Hal yang mempengaruhi faktor tersebut adalah : Sikap Orangtua, Sikap Teman, Sikap Guru, Kurangnya fasilitas belajar dirumah, Sarana Belajar.


Selain itu ada juga faktor yang mempengaruhi belajar yaitu :

Pacaran
Pacaran bagi sebagian pelajar adalah hal yang sangat menyenangkan, dan pada zaman sekarang pacaran adalah hal yang yang Trend, apalagi sekarang ada alat yang canggih seperti HP (Hand Phone) dan jejaring sosial. Dan sehingga para pelajar bisa berkomunikasi sekapanpun yang kita bisa. Dan hal tersebut yang berhubungan dengan pembelajaran adalah pelajar yang suka pacaran biasanya mengabaikan pekerjaan rumahnya, tugas dari ibu guru di sekolah dibanding dengan pacarnya. padahal pacar tidak menuntun dimasa depan kita.

Perkembangan zaman yang sangat pesat
Seiring dengan perkembangan zaman para pelajar suka bermain game dibanding dengan belajar. dan sering memboroskan waktunya demi bermain game online.

Terlalu bergantung pada teman
Seorang pelajar bisa malas belajar karena punya teman yang lebih pintar darinya, sehingga dia suka mengandalkan anak tersebut.

2 komentar:

  1. mampir ya om http://sman03mukomuko.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. anda bingung mencari tempat kursus komputer terlengkap,termurah ,termudah,tercepat,terhemat waktu klik aja di sini www.asianbrilliant.com atau cari di google kursus
    komputer
    , kursus online, kursus, tempat kursus

    BalasHapus