Minggu, 07 Juli 2013

Mengenai Albert Einstein


Albert Einstein lahir di Ulm, Wurttemberg, Jerman, pada tanggal 14 maret 1879, meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. ketika Albert masih berumur 76 tahun. Albert adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas oleh dunia pada saat abad ke-2. Bapaknya bernama Herman Einstein, seorang penjual rajang bulu yang kemudian berganti profesi menjadi pekerjaan elektrokimia dan ibunya bernama Pauline, mereka menikah di Stuttgart-Bad Canstatt. Dari keluarga mereka adalah keturunan Yahudi, Albert  disekolahkan di sekolah yang  beragama Katholik dan atas keinginan ibunya Albert diberi pelajaran tambahan yaitu pelajaran biola.

Pada lima tahun ayahnya menunjukkan suatu benda kepada Albert yaitu kompas kantung, dan Albert Menyadari bahwa sesuatu diruangan yang kosong ini bereaksi terhadap jarum dikompas tersebut. kemudian Albert menjelaskan pengalaman pertamanya ini sebagai salah satu saat yang paling menggugahkan dalam kehidupannya. meskipun dia membuat model dan alat mekanik sebagai hobi, Albert dianggap sebagai pelajar yang lamban, kemungkinan ada beberapa faktor yaitu disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau struktur yang dan tidak biasa pada otak Albert. Albert kemudian diberikan penghargaan karena sifat teori relativitasnya karena kelambatan Albert selama ini, karena dia mampu lebih berkembang kepandaiannya. tentang perkembangan adalah kemungkinan dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autisme.

Albert memulai belajar mata pelajaran matematika ketika dia berumur dua belas tahun. Dua pamannya ingin mengembangkan ketertarikannya dalam dunia interek dalam diri Albert dan pada akhir kenak-kanakannya berakhir dan memulai masa remajanya Albert memberikan usulan dan buku tentang Sains dan matematika. pada tahun 1894, dikarenakan ayahnya mengalami kegagalannya dalam bisnis elektrokimia, Herman berpindah dari Munchen ke Pavia, Italia. Albert tetap tinggal di Munchen karena menyelesaikan satu semester sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia, Italia.

Kegagalannya dalam seni liberal dalam tes masuk Eidgenossische Technische Hochschule. pada tahun berikutnya Albert mundur dan dikirim keluarganya ke Aarau, Swiss. untuk sekolah menengahnya dimana dia menerima diploma pada tahun 1896, Albert sudah beberapa kali mendaftarkan dirinya di Eidgenossische Technische Hochschule, Pada tahun berikutnya dia melepas kewarganegaraanya Wurttemberg, menjadi tidak berkewarganegaraan.

Pada tahun 1898 menemui seorang wanita yang kelak menjadi pasangan hidupnya yang bernama Mileva Maric, seorang serbia yang merupakan teman sekelasnya. pada tahun 1900, dia diberi gelar oleh Eidgenossische Technische Hochschulle dan diterima menjadi warganegara Swiss. Albert dan Mileva mempunyai seorang putri yang bernama Lieserl, lahir pada pertengahan bulan januari tahun 1902, pada waktu itu, dianggap tidak legal karena orang tuanya tidak menikah.

Pada saat kelulusan Albert tidak menemukan pekerjaannya sebagai pengajar, Ayah dari teman sekelas membantu Albert menemukan pekerjaannya sebagai Asissten teknik pemeriksa di kantor paten Swiss ketika tahun 1902. Ketika sudah bekerja disana Albert menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisika. dan Albert juga menyadari pentingnya Aplikasi daripada penjelasan seseorang yang buruk, dan Albert belajar dari direktur bagaimana "menjelaskan dirinya sebagai penjelasan yang benar". Dia juga membetulkan desain mereka dan juga mengevaluasi kepraktisan kerja para karyawan.

Albert menikahi seorang yang dulu ia pernah berhubungan dengan dia yaitu Mileva, yang seorang matematikawan, pada tanggal 6 January 1903. dari pasangan ini anak pertamanya ini bernama Hans Albert Einstein, lahir pada tanggal 14 Mei 1904. pada tahun tersebut posisi Albert di kantor paten Swiss menjadi tetap atau tidak naik pangkat samasekali. Albert mendapatkan gelar sebagai Doctor setelah menyerahkan thesis "Einu Neue Bestimmung der Molekuldemansionen" ("On a New Determination of Molecular Dimensions") pada tahun 1905 dari Universitas Zurich.

Pada tahun yang hampir bersamaan Albert menulis 4 artikel yang memberikan dasar fisika modern, tanpa banyak sastra sains yang dapat dia tunjuk atau banyaknya kolega dalam sains yang dapat didiskusikan dalam bidang teorinya. banyak ilmuwan yang setuju tentang ketiga thesis tersebut, yaitu tentang gerak Brownian, efek foto listrik, dan relativitas khusus. karena teorinya Albert pantas mendapatkan penghargaan Nobel. akan tetapi hanya teori fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut. Bukan hanya Albert yang lebih tahu banyak tentang realivitas, tetapi karena ada efek fotoelektrik adalah fenomena kuantum, dan Albert menjadi lebih bebas ketika dalam teori kuantum.

Albert menyerahkan semua thesis-thesisnya ke "Annelan der Physik". mereka biasanya ditujukan kepada "Annus Mirrabilis Papers" (tahun luar biasa). Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merencanakan  perayaan 100 tahun publikasi pekerjaan Albert pada tahun 1905 sebagai tahun fisika pada tahun 2005.

0 komentar:

Posting Komentar